Warga Washington Dapat Mendaftar Sebagai Pemilih Tetap Dalam Pemilu Melalui Akun Facebook...



Warga Washington Dapat Mendaftar Sebagai Pemilih Tetap Dalam Pemilu Melalui Akun Facebook... [ www.BlogApaAja.com ]

"Sekarang dunia sudah serba online, apapun bisa dilakukan secara online" kata orang tua saya. Hmm, ada benarnya juga sih. Namun pernah terpikir nggak, jika pemilihan umum akan dilakukan secara online juga nantinya??? Itu bukan omong kosong loh!

Washington dikabarkan akan menjadi kota pertama di dunia yang akan menggunakan facebook sebagai sarana untuk pendaftaran pemilih tetap untuk pemilu. Coba bayangkan berapa dana penghematan yang didapat dengan penggunaan sistem yang seperti ini???

Cukup dengan menggunakan akun facebook mereka, warga Washington sebentar lagi akan dapat mendaftarkan diri sebagai pemilih di pemilu yang akan diselenggarakan di kota tersebut. Memang sih, untuk melakukan ini masih dibutuhkan bantuan dari pihak ke-3 yaitu sebuah aplikasi yang dibuat oleh Microsoft.

Setelah login ke akun facebook, kemudian klik aplikasi buatan Microsoft tersebut. Melalui aplikasi khusus tersebut, data diri mereka yang anda cantumkan di akun Facebook mereka akan di cek oleh aplikasi ini apakah sudah terdaftar atau belum. Kemudian mereka akan diminta untuk mengirimkan kartu pengenal (di Indonesia mungkin KTP atau SIM) untuk memastikan kebenaran data FB mereka.

Namun cara ini baru sebatas untuk mendaftar sebagai pemilih tetap saja. Untuk proses pemilunya masih digunakan cara biasa. Jika sistem ini berjalan sesuai dengan rencana, maka Microsoft akan mengaplikasikannya pada kota-kota lain di Amerika.

Follow On Twitter