Manfaat Luar Biasa Dari Zakat



Manfaat Luar Biasa Dari Zakat [ www.BlogApaAja.com ]





Zakat

memilikihikmah hikmah yang luar biasa baik bagi yang memberi maupun yang menerima.Sebagaimana kita yakini bersama bahwa Allah subhanahu wata`ala tidak menurunkansebuah hukumpun kepada umat ini kecuali dengan manfaat dan demi kebaikan sertakemaslahatan umat manusia baik secara khusus maupun secara keseluruhannya yaknimemiliki hikmah bagi umat Islam sendiri, segenap umat manusia dan seluruhmakhluk yang ada dimuka bumi ini. sebagaimana diutusnya Nabi Muhammad salallahu`alaihi wasallah kepada manusia sebagai rahmatan lil `alamin.

Hikmah Hikmah Zakat



Zakat merupakan ibadah yang memiliki dimensi ganda, Trasendental danhorizontal. Oleh sebab itu zakat memiliki banyak arti dalam kehidupan ummatmanusia, terutama Islam. Zakat memiliki banyak hikmah, baik yang berkaitandengan sang khaliq maupun hubungan sosial kemasyarakatan diantara manusia,antara lain :

1. Menolong, membantu, membina dan membangun kaum dhuafa yang lemah papadengan materi sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. Dengan kondisitersebut mereka akan mampu melaksanakan kewajibannya terhadap Allah subhanahuwata`ala.

2. memberantas penyakit iri hati, rasa benci dan dengki dari diri orangorang disekitarnya berkehidupan cukup, apalagi mewah, Sedang ia sendiri takmemiliki apa-apa dan tidak ada uluran tangan dari mereka ( orang kaya )kepadanya.

3. Dapat mensucikan diri ( pribadi ) dari kotoran dosa, memurnikan jiwa( menumbuhkan akhlaq mulia, menjadi murah hati dan peka terhadap rasakemanusiaan ) dan mengikis sifat bakhil ( kikir ) serta serakah. Dengan begituakhirnya suasana ketenangan batin karena terbebas dari tuntutan Allah subhanahuwata`ala dan kewajiban kemasyarakatan akan selalu melingkupi hati.

4. Dapat menunjang terwujudnya sistem kemasyarakatan Islam yang berdiriatas prinsip-prinsip : ummatan wahidatan (umat yang satu), musawah (persamaanderajat dan kewajiban), Ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan Islam) dan TakafulIjtima` (tanggung jawab bersama).

5. Menjadi unsur pentig dalam mewujudkan keseimbangan dalam distribusiharta (social distribution), dan keseimbangan tanggung jawab individu dalammasyarakat.

6. Zakat adalah ibadah Maaliyah yang mempunyai dimensi dan fungsisosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah subhanahu wata`ala dan jugamerupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusiaan dankeadilan, pembuktian persaudaraan Islam, Pengikat persaudaraan ummat danbangsa, sebagai pengikat bathin antara golongan kaya dengan yang miskin dansebagai penimbun jurang yang menjadi pemisah antara golongan yang kuat denganyang lemah.

7 mewujudkan tatanan masyarakat yang sejahtera dimana hubungansesseorang dengan yang lainnya menjadi rukun, damai dan harmonis yang akhirnyadapat mencipatakan situasi yang tentram, aman lahir dan bathin. Dalammasyarakat seperti itu takkan ada lagi kekhawatiran akan hidupnya kembalibahaya komunis, atheis dan paham atau ajaran yang sesat dan menyesatkan. sebabdengan dimensi dan fungsi ganda zakat persoalan yang dihadapikapitalisme dan sosialime dengan sendirinya sudah terjawab. akhirnya sesuaidengan janji Allah subhanahu wata`ala, akan terciptalah sebuah masyarakat yangbaldatun toyyibatun warabbun ghafur.


Follow On Twitter